22 Oct 2018

Serba- serbi Kalender

Kalender,  Penanda Pergantian Waktu Peradaban Manusia






Siapa yang tak kenal dengan benda bernama kalender? setiap manusia dimuka bumi pasti tau dengan benda penanada pergantian antar waktu dalam kehidupan manusia. Bahkan, kita sudah dikenalkan dengan perhitungan hari sejak awal kita menjejakkan kaki di bangku sekolah.

Dalam perkembangan sejarah manusia, ada berbagai macam jenis kalender yang pernah di temui. Dari kalender mesir kuno, kalender maya, kalender china, kalender gregorian dan Kalender hijriah. Namun tak hanya itu saja, masih banyak lagi penanggalan - penanggalan hari di peradaban manusia. kita ambil contoh saja di indonesia, yang sering dipakai dan masih populer saat ini adalah kalender jawa. Artikel ini adalah membahas mengenai kalende.
Dalam sejarahnya, kalender jawa dipakai dalam kerajaan mataram dan kerajaan - kerajaan pecahannya. kalender ini sedikit banyak dipengaruhi oleh penanggalan hijriyah atau kalender islam. hal ini diduga sebagai bentuk akulturasi dari budaya islam yang telah berkembang pesat saat itu dengan budaya tempatan lokal indonesia.

Nah, bagaimana dengan pekanbaru ? Pekanbaru dahulunya merupakan bagian dari kesultanan melayu siak yang kental dengan budaya islam. Maka, tak heran pekanbaru tempo dulu memakai penanggalan kalender hijriyah atau kalender islam. Pekanbaru sebagai kawasan strategis di tepi sungai siak kampung senapelan adalah tempat perdagangan yang mana memerlukan penanggalan atau kalender sebagai bentuk administrasi
Dan sekarang, kalender telah di buat sedemikian rupa canggih melalui teknologi sehingga kita mendapatkan kalender di toko - toko percetakan pekanbaru dengan harga murah dan hemat dengan kwalitas cetak tinggi. Tak heran juga, pada akhir tahun kalender merupakan produk percetakan yang selalu di buru oleh instansi dan kantor-kantor perusahaan sebagai media promosi mereka. inilah mengapa kalender selalu di buru di toko percetakan, khususnya pekanbaru.


Info dan Pemesanan Kalender Hubungi :
Printcorner Pekanbaru
~ Percetakan & Digital Printing Online Pekanbaru ~

No Hp : 0813 5051 7537


0 komentar:

Post a Comment